Implementasi Metode Hiwar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Persepsi Guru dan Siswa
Kata Kunci:
implementasi, bahasa arab, metode hiwarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi metode Hiwar dalam pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar AI di Bekasi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Data diambil melalui wawancara kepada responden yaitu guru mata pelajaran Bahasa Arab dan peserta didik. Penelitian ini melaporkan bahwa salah satu metode pembelajaran bahasa arab pada sekolah dasar AI menggunakan metode Hiwar. Metode Hiwar yang digunakan pada pembelajaran bahasa arab di sekolah dasar AI dapat dilakukan pada kelas tingkat rendah maupun tingkat tinggi. Metode Hiwar merupakan salah satu metode yang efektif serta efisien dalam pembelajaran bahasa arab serta menjadikan peserta didik aktif dalam pembelajaran. Penyampaian materi yang dilakukan oleh guru dapat lebih mudah diterima oleh peserta didik. Tidak hanya itu, metode hiwar juga memiliki kelebihan serta kekurangan dalam sebuah pembelajaran.
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Gerimis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.